Sejarah Permainan Domino

Banyak sekali asal usul sejarah domino yang berbeda-beda diceritakan dimana-mana, namun dari kesemua perbedaan tersebut masyarakat sepakat bahwa permainan domino merupakan permainan yang berasal dari dataran cina yang pertama kali dimainkan oleh masyarakat disana. Sejarah mencatat bahwa terdapat permainan domino di ruangan seorang pahlawan negara tersebut yang bernama Hung Ming di 181-234 AD. Namun ada juga kisah-kisah lainnya yang menunjukkan bahwa yang menemukan permainan domino tersebut merupakan kaisar Keung Tai Kung yang hidup pada abad ke 12. Terakhir kali juga ditemukan bahwa permainan domino merupakan ciptaan negarawan cina pada tahun 1120 AD yang dikenal sebagai Yang Chu Sz Ubi.

Namun diantara banyaknya catatan sejarah tentang permainan domino ini, catatan Yang Chu SZ Ubi lah yang tercatat merupakan seseorang yang membagi-bagikan kartu potongan yang mirip dengan domino kepada kaisar bernama Hui Tsung. Sejak saat itulah karisar Hui telah membuat potongan kartu tersebut tersebar luas ke masyarakat didaerahnya kala itu. Tidak hanya kaisar, selama masa pemerintahan kaisar Tsung Putra mahkota Kaisar yang bernama Kao Tsung juga berpartisipasi dalam menyebarkan permainan domino yang menjadi permainan para bangsawan pada saat itu. Sejarah lain juga menyebutkan bahwa didalam dokumen china masyarakat china hanyalah membicarakan tentang permainan domino dan bukan tentang penemuan permainan domino. Karena terdapat sejarah yang sangat banyak maka membuat banyak pula ilmuan-ilmuan yang tertarik untuk mencari lebih dalam kembali dokumen-dokumen yang berisikan tentang permainan domino tersebut.

Perkembangan Domino di Daerah Eropa

Permainan domino terdiri dari 28 kartu persegi kecil yang diwakili titik-titik merah sebagai pengganti jumlah variable angka, apabila pada kartu poker terdapat angka yang mewakili nilai dalam kartu tersebut maka didalam permainan domino terdapat titik merah yang mewakili permainan tersebut. diceritakan permainan domino yang berasal dari cina seharusnya telah ada pada tahun 1120 dimana permainan ini dibuat oleh kerjaan yang bernama Keung Tai Kung yang dibuat pada saat itu untuk didedikasikan pada kaisar Hui Tsung.

Kemudian kaisar Kao Tsung yang merupakan penerus dari kaisar Hui Tsung sebelumnya menyebarkan permainan domino hingga ke beberapa bagian dunia yang pada saat itu sedang marak ditemukannya benua-benua baru dan peradaban baru. Hingga 1163, Para pedagang yang berasal dari dataran cina juga turut menyebarkan permaiann domino ini hingga ke bagian eropa. Jadi sejak awal permainan domino ini telah dimainkan secara luas oleh masyarakat di benua ini pada awal abad ke 18 di daerah venesia dan Naples.

Kemudian dari para pedagang cina inilah yang membuat permainan domino semakin terkenal dan berkembang dengan sangat pesat pada seluruh masyarakat di eropa dan benua-benua lainnya. Namun jika di perhatikan dengan baik sangat jelas bahwa permainan domino ini berasal dari Bahasa latin Dominus yang memiliki arti Tuan Rumah. Dan ada kemungkinan juga permainan domino sebelumnya belum memiliki nama yang sah namun setelah berkembang dengan pesat di negara bagian eropa permainan judi kartu tersebut diberi nama yang sah sebagai nama domino.

Dikala itu seorang Michael Dummett membuat sebuah artikel singkat tentang sejarah permainan domino yang tersebar keseluruh dataran eropa dan juga turut membuat permainan domino semakin banyak di kenal luar di berbagai benua. Pada abad kedelapan belas Italia, Venesia dan Napoli merupakan tempat yang paling dominan untuk permainan domino karena banyak masyarakat rela jauh-jauh ke wilayah tersebut hanya agar dapat memainkan permainan tersebut.

Jika kita bertanya tentang asal usul permainan domino ini maka tentu saja kita akan menemukan beragam versi cerita yang berbeda -beda namun seperti yang telah dijelaskan di atas permainan domino pertama kali dimainkan oleh para bangsawan di negeri cina saat itu. Terima kasih semoga artikel ini menambah wawasan anda.